Menu

Mode Gelap
How To Handle Every Movie Challenge With Ease Using These Tips 20 Questions You Should Always Ask About Playstation Before Buying It The Most Influential People in the Green House Industry and Their Celebrity Dopplegangers Technology Awards: 6 Reasons Why They Don’t Work & What You Can Do About It

AltCoin · 27 Apr 2021 15:15 WIB ·

Apa Itu Uniswap? Apa Keunggulannya?


					Apa Itu Uniswap? Apa Keunggulannya? Perbesar

Uniswap merupakan sebuah platform decentralized exchange (DEX) bersifat open-source yang dibangun di atas jaringan Ethereum dan memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar token ERC-20 tanpa harus menggunakan perantara lain. Protokol Uniswap diluncurkan pada tahun 2018 oleh Hayden Adams.

Namun, teknologi yang mendasari dan penerapannya pertama kali dijelaskan oleh salah satu pendiri Ethereum, yaitu Vitalik Buterin. Uniswap dapat dikatakan seperti automated liquidity protocol di mana tidak ada order book atau pihak terpusat yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.

Lalu, bagaimana perdagangan terjadi jika tidak ada order book?

Nah, pada dasarnya, Uniswap memberikan solusi likuiditas sehingga siapapun dapat meminjamkan token ERC-20 yang mereka miliki ke cadangan khusus yang disebut  sebagai liquidity pool. Sehingga, Uniswap tidak memerlukan order book untuk melakukan jual beli. 

Baca juga:  Apa Itu Uniswap Mainnet V3, Apa Bisa Bikin Kita Cuan?

Sebagai imbalan bagi Liquidity Provider yang memberikan token kepada liquidity pool ini, Liquidity Provider akan memperoleh sebagian persen biaya trading dari transaksi swap yang dilakukan oleh para pengguna Uniswap.

Selain memiliki sifat terdesentralisasi yang memberikan kemudahan dalam mengakses market kripto, keunggulan Uniswap adalah memungkinkan semua orang  untuk dapat mengakses tanpa harus mendaftar atau login ke market. Pengguna hanya perlu menghubungkan wallet pribadinya untuk langsung melakukan aktivitas jual beli kripto. 

Keunggulan lain dari Uniswap juga mencakup aspek seperti token baru yang dapat langsung mengakses likuiditas dengan menambahkan token mereka ke dalam pertukaran dengan Uniswap V2 Router Contract. Selain itu, keunggulan lainnya adalah penyedia likuiditas ini dapat meraih keuntungan dengan hanya memasukan dananya ke dalam liquidity pool.

Protokol Uniswap memiliki tokennya sendiri yang bernama UNI. UNI memberikan hak kepada pemegangnya atas hak tata kelola. Hak ini membuat pemegang UNI dapat memberikan suara atau melakukan voting pada perubahan protokol di Uniswap.

Baca juga:  Apa Itu Uniswap Mainnet V3, Apa Bisa Bikin Kita Cuan?

Sampai video ini dibuat, terdapat sekitar 246 juta token UNI yang telah beredar di dunia. Adapun jumlah token UNI yang ditargetkan beredar mencapai hingga 1 milyar token. Untuk itu, Indodax hadir sebagai tempat bagi para trader yang ingin memiliki UNI secara mudah dan cepat. Ingin memiliki UNI? Yuk, beli sekarang di indodax.com.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mengenal Koin Zilliqa (ZIL) Yang diperdagangkan di Indodax

28 April 2021 - 11:48 WIB

Zilliqa ZIL
Trending di AltCoin