uniswap

Apa Itu Uniswap Mainnet V3, Apa Bisa Bikin Kita Cuan?

Diposting pada

Platform decentralized finance terpopuler, Uniswap akan segera meluncurkan Uniswap Mainnet V3. Apa itu? Lalu, apakah ini akan membuat harga UNI melambung sehingga kita bisa cuan? Salah satu aset kripto DeFi yang paling populer adalah token UNI. Aset kripto ini merupakan token dari platform Uniswap. Pihak Uniswap telah mengkonfirmasi melalui situs resmi Uniswap.org, Uniswap akan meluncurkan Uniswap V3.

Untuk kamu member pemula mungkin belum tahu apa itu Uniswap. Kamu juga bertanya-tanya, apa itu Mainnet V3? Apakah akan membuat saya cuan nantinya? Lalu, bagaimana membeli Uniswap? Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Uniswap

Uniswap adalah protokol yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar token ERC-20 tanpa harus menggunakan order book dan perantara lain. Hayden Adams adalah orang yang menemukan platform ini.

Uniswap beroperasi tidak membebankan biaya platform atau biaya perantara. Uniswap hanya membebankan biaya gas pada jaringan Ethereum. Platform Uniswap memiliki token dengan nama yang sama atau familiar dengan singkatan UNI.

Uniswap V1 dan V2

Sebelum kita mempelajari tentang Uniswap V3, kita akan membahas Uniswap V1 dan V2 terlebih dahulu. Uniswap V1 diluncurkan pada November 2018 sebagai bukti konsep untuk automatic market maker (AMM), sejenis pertukaran dimana siapapun dapat menggabungkan aset ke dalam strategi pembuatan pasar bersama.

Pada Mei 2020, Uniswap V2 memperkenalkan fitur dan pengoptimalan baru, menyiapkan panggung untuk pertumbuhan eksponensial dalam adopsi AMM.

Kurang dari satu tahun sejak diluncurkan, V2 telah memfasilitasi lebih dari $ 135 miliar dalam volume perdagangan, peringkat sebagai salah satu tempat pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia.

Penjelasan Tentang Uniswap V3

Uniswap sekarang berfungsi sebagai infrastruktur penting untuk keuangan terdesentralisasi, memberdayakan pengembang, pedagang, dan penyedia likuiditas untuk berpartisipasi dalam pasar keuangan yang aman dan kuat

Uniswap mainnet V3 akan diluncurkan pada tanggal 5 Mei 2021. Untuk itu, Uniswap terus berbenah. Likuiditas terkonsentrasi, memberikan Liquidity Pool (LP) individual kontrol granular atas kisaran harga apa modal mereka dialokasikan.

Posisi individu digabungkan menjadi satu kumpulan, membentuk satu kurva gabungan untuk diperdagangkan oleh pengguna. Berbagai tingkatan biaya , memungkinkan LP mendapatkan kompensasi yang sesuai untuk mengambil berbagai tingkat risiko.

Oracle V3 mampu memberikan harga rata-rata tertimbang waktu (TWAP) sesuai permintaan untuk periode apapun dalam 9 hari terakhir. Ini menghilangkan kebutuhan akan integrator untuk memeriksa nilai historis.

Bahkan dengan peningkatan desain yang inovatif ini, biaya gas dari swap V3 di mainnet Ethereum sedikit lebih murah daripada V2 . Transaksi yang dilakukan pada penerapan Optimism kemungkinan akan jauh lebih murah!

Keunggulan Uniswap V3

Fitur-fitur ini menjadikan Uniswap V3 AMM paling fleksibel dan efisien yang pernah dirancang. Berikut beberapa keunggulan Uniswap V3:

  1. LP dapat menyediakan likuiditas dengan efisiensi modal hingga 4000x dibandingkan dengan Uniswap V2, menghasilkan pengembalian modal yang lebih tinggi.
  2. Efisiensi modal membuka jalan bagi eksekusi perdagangan selip rendah yang dapat melampaui bursa terpusat dan AMM yang berfokus pada stablecoin.
  3. LP dapat secara signifikan meningkatkan eksposur mereka ke aset pilihan dan mengurangi risiko penurunannya.
  4. LP dapat menjual satu aset untuk aset lainnya dengan menambahkan likuiditas ke kisaran harga seluruhnya di atas atau di bawah harga pasar, mendekati perintah batas penghasilan biaya yang dijalankan di sepanjang kurva yang mulus.

Kemungkinan Besar UNI Bisa Terbang Tinggi

Uniswap masuk dalam market bullish pada pekan ini (26 April-2 Mei 2021), seperti prediksi pada artikel Indodax Market Signal. Menjelang peluncuran mainnet V3, 5 Mei 2021, kenaikan UNI akan terlihat.

Bahkan, bisa saja, UNI kembali melanjutkan rally nya selama beberapa pekan mendatang. Karena biasanya, salah satu faktor yang meningkatkan harga kripto, salah satunya adalah upgrade teknologi. Ini seperti yang terjadi pada Ethereum yang sedang dalam tahap upgrade ETH 2.0. Secara year to date, Ethereum sudah meningkat lebih dari 35 kali lipat.

Contoh lain adalah BNB. Pada awal tahun ini, BNB upgrade dan melakukan pembakaran (burn), dan kenaikannya meningkat lebih dari 10 kali lipat, jika dilihat selama 4 bulan terakhir. Apakah ini pertanda UNI akan meningkat berkali-kali lipat, mengikuti perjalanan dari kripto lain?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *