IPO Coinbase : Apa Dampaknya Bagi Industri Crypto?

  • Bagikan
IPO COinbase

Coinbase sekarang resmi nongkrong di bursa saham AS setelah menggelar Initial Public Offering (IPO) tanggal 15 April 2021 yang lalu. Berita ini ternyata disambut baik oleh banyak investor dan disebut-sebut menjadi titik balik bagi industri cryptocurrency.

Loh, emang apa pengaruhnya IPO Coinbase sama pasar Crypto?

Buat lo yang gak kenal siapa itu Coinbase, Coinbase adalah platform jual beli aset cryptocurrency pertama yang ada di dunia dan terbesar di AS berdasarkan volume.

Didirikan di bulan Juni 2012 oleh Brian Amstrong dan Fred Ehrsam. Coinbase sampai saat ini beroperasi di 100 negara dan memiliki 56 juta pengguna terverifikasi, naik dari angka 43 juta di akhir 2020, dan 32 juta di 2019.

Harga saham Coinbase dibuka di harga 381 USD per saham atau sekitar Rp 5,5 juta (kurs Rp 14.600). Harga saham dengan kode COIN ini bahkan sempat menyentuh angka 429 dollar AS atau sekitar Rp 6,2 juta.

IPO Coinbase1

Sebelum go public di bursa saham AS, Coinbase sempat mengumumkan laporan keuangan kuartal I-2021 senilai 1,8 miliar USD atau sekitar RP 26 triliun, which is naik 9x lipat dari periode yang sama di tahun 2020.

Hype ini tentunya bikin banyak investor profesional khawatir. Beberapa investor ini umumnya masih dihantui sama jatuhnya cryptocurrency di tahun 2018 yang lalu.

Hype Coinbase masuk pasar saham ini didorong lonjakan harga Cryptocurrency. Contohnya Bitcoin yang berhasil meroket 900% cuma dalam waktu 12 bulan doang.

IPO COINBASE2

IPO Coinbase ini menarik untuk kita bahas karena jadi momen tonggak sejarah baru bagi cryptocurrency. Sejak bertahun-tahun yang lalu regulator Wall Street meragukan industri cryptocurrency.

IPO Coinbase ini jadi momen penting yang menunjukkan kepercayaan dan transparansi industri cryptocurrency di mata dunia khususnya di bursa saham AS.

Lebih jauh lagi IPO Coinbase ini tidak hanya memberikan dampak positif ke Coinbase sebagai perusahaan yang serius dan mumpuni yang berhasil melantai di bursa saham AS.

Momen IPO Coinbase ini juga bisa mengubah pandangan banyak masyarakat dunia bahwa cryptocurrency secara general memang sepatutnya dipandang secara serius.

Beberapa minggu sebelum go public, nilai valuasi Coinbase bernilai $ 65 M lalu naik menjadi $ 86 M setelah go public. Valuasi Coinbase ini membuat CEO Coinbase, Brian Armstrong, berhasil masuk daftar 100 orang terkaya di dunia.

Kabarnya sih Armstrong memiliki 20% saham Coinbase. Kekayaan bersih sekitar 20 miliar dolar AS.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *